"Sebab menulis adalah peristiwa menyejarah"- @mizzanmrsydn

Rabu, 09 November 2011

Makna SEA Games bagi Indonesia


SEA Games seolah angin segar di tengah krisis multidimensi yang melanda bangsa kita. Isu-isu  politik, sosial, dan ekonomi setidaknya dapat kita lupakan sejenak untuk mendukung para atlet kita di SEA Games.  Perbedaan-perbedaan–suku, agama, ras, dan antargolongan– ditiadakan. Atlet, pemerintah, dan masyarakat saling bersinergi mengharumkan nama Indonesia.
SEA Games juga meningkatkan pendapatan masyarakat lokal terutama daerah yang digunakan untuk perhelatan SEA Games. Tentunya dengan perhatian yang lebih dari pemerintah kepada usaha kecil menengah yang mayoritas. Tanpa itu, sulit bagi mereka untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, SEA Games merupakan ajang promosi pariwisata Indonesia. Inilah momentum yang tepat untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan alam Indonesia kepada masyarakat dunia.
Peluang para atlet Indonesia cukup terbuka bila melihat sejarahnya di SEA Games sebelumnya. Terlebih, kini mereka berlaga di negeri sendiri. Dukungan langsung dari seluruh lapisan masyarakat diharapkan mampu meningkatkan penampilan mereka. Raihan medali tentunya dapat menjadi oase di tengah konflik yang terus-menerus menyerang eksistensi bangsa i ni. Juga menandakan kebangkitan beberapa cabang olahraga yang sedang “mati suri”.
Seluruh masyarakat menggantungkan harapan dan memberikan dukungan kepada seluruh atlet. Baik itu materil maupun non-materil. Dengan kemauan dan kerjasama berbagai elemen bangsa, kita harap SEA Games XXVI ini sukses dalam hal penyelenggaraan maupun prestasi. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar